Suluh Media, Banjarbaru – Kemerdekaan Palestina yang ditangguhkan membuat banyak pihak melakukan Bela Aksi Palestina, termasuk Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) kota Banjarbaru pada hari Ahad pagi (30/05/2021), di depan Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan atau yang dikenal dengan Kantor Gubernur.

Organisasi Otonom Muhammadiyah (Ortom) yang terhimpun dalam AMM kota banjarbaru diantaranya ialah Pemuda Muhammadiyah (PM), Nasyiatul Aisyiyah (NA), Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Hizbul Wathan (HW), Tapak Suci Putera Muhammadiyah (TSPM) dan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM).

Pada aksi kali ini, AMM Banjarbaru juga didampingi oleh Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Banjarbaru.

Aksi Solidaritas ini didasarkan pada keprihatinan dari AMM Banjarbaru terhadap apa yang menimpa warga sipil di Palestina.

Seperti yang kita tau, pada Ramadan yang lalu telah terjadi kembali serangan oleh negara Israel terhadap Palestina.

Yahya, Ketua Umum Pimpinan Cabang (PC) IMM Banjarbaru selaku Koorlap aksi solidaritas ini, saat diwawancara menyampaikan bahwa Aksi Solidaritas ini bertujuan untuk menyatakan dukungan secara tegas oleh AMM Banjarbaru dan menjadi garda terdepan dalam bela Palestina.

Penyampaian arahan dari Koorlap aksi
(sumber foto : dok. Suluh Media)

“Dalam kegiatan aksi kita pada kali ini, tidak lain dan tidak bukan ialah menyatakan dukungan kita secara tegas bahwasanya Angkatan Muda Muhammadiyah kota Banjarbaru mendukung secara penuh dan akan menjadi garda terdepan dalam bela Palestina ini,”ungkapnya.

Ia juga menambahkan, aksi kali ini diiringi dengan deklarasi dukungan oleh AMM Banjarbaru yang terdiri dari 6 poin dan aksi ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Fadli.

Pembacaan Deklarasi Dukungan AMM Banjarbaru
(sumber foto : dok. Suluh Media)

“Selain itu juga, diiringi dengan deklarasi. Disampaikan ada 6 poin terkait pembahasan dukungan kita. Kemudian yang terakhir dalam aksi kita kali ini ditutup dengan rangkaian doa bersama,”tambahnya.

Deklarasi dibacakan beriringan secara lantang dan semangat. Sebelum dimulainya deklarasi dukungan, secara bergantian Ortom Banjarabru menyampaikan orasinya mengenai dukungan terhadap Palestina.

Foto Bersama
(sumber foto : dok. Suluh Media)

Aksi ini dilindungi oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banjarbaru dan didukung oleh Lazismu Banjarbaru.
Aksi ini dimulai pukul 06.30 WITA dengan menghadirkan puluhan anggota AMM Banjarbaru dengan tetap menaati protokol kesehatan yang berlaku. *(Zahra)