Suluh Media, Kabupaten Kotabaru – Pada Ramadhan 1442 kali ini, beberapa program dijalankan oleh Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Kotabaru. Program-program tersebut merupakan turunan dari program Ramadhan 1442 H dari Lazismu Pusat yang diturunkan sampai ke tingkat Kantor Layanan.
Salah Satu Program Ramadhan Lazismu Kabupaten Kotabaru.
Sumber foto : Dok. Suluh Media

Hadirnya program-program ini merupakan salah satu ikhtiar untuk meningkatkan kualitas hidup penerima manfaat melalui program-program yang didanai dari penghimpunan zakat, infak, dan sedekah.

Arif Rahman Hakim, Manajer Lazismu Kabupaten Kotabaru merincikan program yang dilaksanakan.

“Sesuai yang direncanakan sebelumnya kami di bulan suci ini alhamdulillah berkesempatan menjalankan beberapa program seperti Sebar Takjil ini. Selain itu ada pula Kado Ramadhan berupa paket sembako berjumlah 100 buah dan di akhir Ramadhan ini disalurkan pula Paket Lebaran menyasar hingga 68 orang yang terdiri dari guru dan takmir Masjid Muhammadiyah di Kotabaru,” terangnya.

Khusus Sebar takjil merupakan program rutin yang setiap hari dilaksanakan, Arif menyampaikan bahwa untuk penyalurannya terdapat dua bentuk.

“Untuk Sebar Takjil kami mempunyai dua bentuk bantuan. Pertama untuk yang berbuka puasa di Masjid Istiqomah Kotabaru berjumlah hingga 100 paket, yang kedua berjumlah 200 paket kami bagikan secara langsung kepada dhuafa yang sebelumnya kami data. Jadi lebih kurang kami menyediakan hingga 300 paket setiap harinya,” jelasnya.

Sementara itu Sabirin Jamil selaku Wakil Sekretaris Badan Pengurus Lazismu Kabupaten Kotabaru menyampaikan bahwa dilaksanakannya beberapa program tersebut mengingat saat ini masih pandemi dan tidak sedikit yang kesulitan.

“Kami mengamati di masa pandemi saat ini tentunya masih banyak masyarakat yang kesusahan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” jelasnya.

Sabirin mengharapkan dengan sedikit bantuan yang diberikan mampu meringankan beban penerima manfaat.

“Semoga bantuan yang kami salurkan walaupun dari nominal tidak besar namun bisa membantu meringankan masyarakat,” harapnya.

Pelaksanaan berbagai program Ramadhan oleh Lazismu Kabupaten Kotabaru mendapat sambutan positif dari masyarakat. Selain untuk lebih memperkenalkan keberadaan Lazismu di Kabupaten Kotabaru, program-program ini juga turut berperan dalam mengentaskan kemiskinan, serta membantu masyarakat yang terpuruk di tengah pandemi. Di samping itu, masyarakat menjadi lebih memahami pentingnya menunaikan zakat serta infak. (MDN)