Suluh Media, Kota Banjarmasin – Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan, Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Wilayah Kalimantan Selatan menggelar kegiatan Sebar Takjil di depan kantor yang berada di Jl. Perdagangan RT.22 Ruko No.3 Kelurahan Pangeran, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin tersebut. Kegiatan ini melibatkan amil Lazismu dan beberapa relawan yang turut membantu menyalurkan takjil kepada para pengendara yang melintas.
Takjil Gratis oleh Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan.
Sumber foto : dok. Suluh Media

Adapun pelaksanaan kegiatan Sebar Takjil ini telah dimulai sejak tanggal 24 April lalu dengan jumlah takjil yang dibagikan mencapai hingga 100 paket. Walaupun tidak berlangsung setiap hari, namun kembali dilaksanakan pada 8 Mei dan mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

Pengembangan Program, Fundraising, dan Kerjasama Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan, Abdulllah Sani menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai sarana untuk memperkenalkan kantor yang baru ditempati.

“Kami memilih pelaksanaan di depan kantor guna memperkenalkan keberadaan kantor Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan yang masih baru kami tempati,” jelasnya.

tersebut baru diresmikan beberapa waktu lalu sebelum bulan Ramadhan tiba. Sani juga menerangkan bahwa diselenggarakannya kegiatan ini berdasarkan hasil penghimpunan untuk program Ramadhan.

“Pembagian takjil ini merupakan pentasyarufan dana infak Ramadhan yang sejak sebelum dan hingga saat Ramadhan kami peroleh. Untuk pelaksanaannya sendiri kami dibantu beberapa relawan,” imbuhnya.

Ia menambahkan bahwa untuk kegiatan sejenis ini dilaksanakan pula di beberapa Lazismu Daerah. “Pelaksanaan Sebar Takjil seperti ini juga dilaksanakan di beberapa Lazismu Daerah seperti di Banjarbaru, Kotabaru, Hulu Sungai Selatan, Tanah Bumbu, dan Banjar, tentunya dengan cara yang berbeda-beda,” tambahnya.

Dharma, salah seorang relawan yang ikut membantu membagikan takjil menyampaikan bahwa kegiatan ini menarik perhatian masyarakat yang melintas.

“Kegiatan ini bagus karena mampu menarik perhatian orang yang melintasi jalan, tidak sedikit yang mampir untuk mengambil takjil,” terangnya.

zismu Wilayah Kalimantan Selatan terus aktif menjalankan program Ramadhan, misalnya yang terbaru adalah menyalurkan Kado Ramadhan sejumlah 300 buah dengan penyaluran dibantu oleh delapan Lazismu Daerah. Selain itu, Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan juga mendapatkan kepercayaan untuk menyalurkan Al-Qur’an dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Di penghujung Ramadhan kali ini Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan terus mengajak untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan dengan berdonasi melalui transfer ke rekening Zakat di Bank Kalsel Syariah 901 031 108 8975 dan Bank Syariah Indonesia (BSM) 7135 669 304, serta Infak melalui Bank Syariah Indonesia (BSM) 7100 799 299. Donasi juga dapat diantar secara langsung ke kantor Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan. (MDN)