Suluh Media, Kabupaten Balangan – Para mualaf yang berada di Desa Mantuyan, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan mendapatkan perhatian dari Muhammadiyah. Melalui program Kado Ramadhan yang digelar oleh Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Balangan, para mualaf mendapatkan bingkisan berupa paket sembako.

Penyerahan Santunan Muallaf oleh Lazismu Balangan.
Sumber foto : dok. Suluh Media

Penyaluran bingkisan ini dilakukan pada Sabtu (24/04). Sebelumnya, amil Lazismu Kabupaten Balangan telah melakukan survei untuk mendata para mualaf penerima manfaat melalui pengasuh mualaf di Kecamatan Halong. Pendataan ini penting dilakukan guna memastikan bantuan yang disalurkan tepat sasaran.

Ansyarullah selaku Ketua Badan Pengurus Lazismu Kabupaten Balangan mengungkapkan bahwa kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan.

“Kegiatan ini merupakan program Ramadhan yaitu Kado Ramadhan dengan nama Santunan Mualaf menyasar mualaf di Desa Mantuyan,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan pula bahwa bantuan yang diserahkan berupa paket sembako dan iqro. “

Alhamdulillah pada kesempatan kali ini kami menyerahkan 25 paket sembako ditambah iqro untuk keperluan belajar membaca Al-Qur’an,” jelasnya.

Ia pun menambahkan mengenai peran dan fungsi Lazismu.

“Seperti diketahui Lazismu ini merupakan lembaga penghimpun zakat, infaq, dan Shadaqah milik Muhammadiyah yang berada di Balangan, artinya kami bertugas menghimpun dan menyalurkan apa yang disumbangkan oleh donatur. Secara nasional Lazismu mempunyai tagline memberi untuk negeri dan saat ini kita memaknai sebagai memberi untuk mualaf di Balangan,” tambahnya.

Senada dengan itu, Pengasuh Mualaf di Kecamatan Halong, Adruddin menyampaikan bahwa pihaknya sangat antusias dan mengucapkan terima kasih atas kedatangan Muhammadiyah melalui Lazismu dan perhatiannya kepada kaum mualaf.

“Ulun (saya) mewakili kaum mualaf di sini menyampaikan terima kasih atas kehadirannya dalam artian ada perhatian kepada kaum mualaf di sini,” ujarnya.

Terkait jumlah mualaf yang dibina, Badruddin menerangkan bahwa di Kecamatan Halong terdapat sekitar 160 orang mualaf.

“Untuk jumlah secara keseluruhan di Kecamatan Halong lebih kurang 160 orang mualaf yang kami bina, namun lokasinya berbeda-beda. Salah satu yang cukup banyak dalam artian berkelompok sekitar 33 orang terdapat di Desa Mantuyan yang saat ini kita datangi,” terangnya.

Terakhir Badruddin mengharapkan kegiatan santunan untuk mualaf ini dapat berkelanjutan pada masa yang akan datang.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini Lazismu Kabupaten Balangan menghadirkan hampir seluruh pengurus, mulai dari Badan Pengawas, Badan Pengurus hingga Eksekutif untuk menandai penyerahan bantuan. Bantuan berupa paket sembako diserahkan secara simbolis oleh Ketua Badan Pengurus Lazismu Kabupaten Balangan, Ansyarullah sementara untuk paket iqro oleh Ketua Badan Pengawas Lazismu Kabupaten Balangan, Edy Yulianto. (MDN)