Suluh Media, Kabupaten Hulu Sungai Tengah – Program Da’i Mengabdi adalah salah satu dari rangkaian program Ramadhan yang diturunkan oleh Lazismu Pusat dalam rangka menyemarakkan datangnya bulan suci Ramadhan.
Program Da’i Mengabdi oleh Lazismu HST menjadi satu-satunya yang ada di Kalsel.
Sumber foto : dok. Suluh Media

Di Kalimantan Selatan, Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) merupakan Lazismu Daerah yang giat melaksanakan program ini.

Program Da’i Mengabdi di daerah Kabupaten HST digelar sejak 1 Ramadhan 1442 H/12 April 2021 hingga 30 Ramadhan 1442 H/12 Mei 2021.Program Da’i Mengabdi merupakan program yang mendukung penuh kegiatan da’i selama bulan Ramadhan, baik mubaligh dan mubalighat, serta imam sholat. Selain untuk memperluas serta menguatkan dakwah, kegiatan ini juga sebagai syiar kepada masyarakat, baik untuk mengenalkan keberadaan Muhammadiyah maupun Lazismu secara khusus.

Ali Rahman selaku Manajer Lazismu HST menyampaikan bahwa teknis pelaksanaan Da’i Mengabdi di Kabupaten HST dikemas sesuai kearifan lokal yang ada di daerahnya.

“Pelaksanaan program ini di HST kami kemas sesuai kearifan lokal dengan memberikan bantuan kepada masjid/mushola di Ranting maupun Cabang Muhammadiyah yang kesulitan untuk mengundang da’i. Selama bersafari Ramadhan di satu lokasi kami tidak melaksanakan selama 1 bulan penuh hanya 15 hari saja karena keterbatasan dana yang dimiliki,” jelasnya.

Ali menerangkan pula bahwa untuk program ini melibatkan banyak da’i yang telah dijadwalkan untuk mengisi safari Ramadhan secara bergantian.

“Dalam pelaksanaannya kami melibatkan lebih dari 20 orang da’i lulusan dalam maupun luar negeri yang telah mengkonfirmasi untuk bersedia dijadwalkan bersafari ke 10 masjid/mushola yang kami bantu,” terangnya.

Ali juga menambahkan bahwa dilaksanakannya program Da’i Mengabdi ini dilatarbelakangi kurang meratanya da’i di Kabupaten HST.

“Kami mengamati kurang meratanya keberadaan Da’i Muhammadiyah di HST. Oleh karena itu Lazismu berusaha membantu dengan pelaksanaan Safari Ramadhan yang di dalamnya mengirimkan da’i untuk menjadi imam sekaligus menyampaikan tausyiah/kultum,” tambahnya.

Syamsul Anwar merupakan salah seorang da’i yang berkesempatan untuk mengikuti program ini. Ia pun menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini.

“Bagus kegiatan seperti ini karena bisa menyambung tali silaturahmi sekaligus berdakwah ke warga di Ranting maupun Cabang Muhammadiyah, apalagi tidak sedikit da’i yang dilibatkan masih tergolong muda seperti saya. Maka dengan diberikannya kesempatan untuk ikut ambil bagian saya menjadi merasa tersanjung,” sambutnya.

Senada dengan itu ketika ditanya mengenai kegiatan program Da’i Mengabdi, salah seorang jamaah Masjid Ash Shalihin Haruyan, Fikri Cahyadi menyambut baik adanya program ini.

“Saya menyambut baik kegiatan ini karena warga merasa terbantu dengan kedatangan da’i, bahkan tidak sedikit jamaah lain saya lihat sangat antusias menyimak penyampaian tausyiah/kultum. Dengan kehadiran da’i tentunya akan menumbuhkan semangat dan ghirah dalam beribadah di Ramadhan ini,” tegasnya.

Dengan adanya keterbatasan dana dalam menjalankan program ini, Lazismu Kabupaten HST membuka kesempatan untuk berinfak, baik secara langsung ke kantor Lazismu Kabupaten HST atau mengirimkan melalui transfer ke Bank Muamalat dengan nomor rekening 6200888999. (MDN)