Suluh Media, Banjarbaru – Selama bulan Ramadhan 1442 H kali ini, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah kota Banjarbaru (Lazismu Banjarbaru) gelar “Sedekah 1000 Iftar dan Sahur untuk Yatim dan Dhuafa Banjarbaru.”

Pembagian Iftar kepada Lansia di Banjarbaru.
Sumber foto : dok. Suluh Media

Kegiatan ini berlangsung sejak awal bulan Ramadhan (13/4/2021) hingga akhir Ramadhan nanti.

Perharinya para relawan Lazismu Banjarbaru membagikan sebanyak 50 paket iftar dan sahur, pembagian dilakukan secara bergantian, satu hari membagi sahur, hari lainnya membagi iftar. Terhitung hingga hari ini, Ahad (9/5/2021). Sudah ada ±1000 paket iftar dan sahur yang dibagikan ke seluruh kawasan di kota Banjarbaru.

Pembagian paket iftar dilakukan sejak selesai salat ashar hingga menjelang waktu maghrib. Sedangkan paket sahur dibagikan setelah salat tarawih.

Pembagian Iftar kepada Pekerja Sektor Informal.
Sumber foto : dok. Suluh Media

Pembagian paket iftar dan sahur ini dibagikan secara langsung oleh para relawan kepada para pekerja sektor informal, kaum dhuafa dan panti asuhan serta kampung disabilitas di Banjarbaru. Dengan berkeliling dan diantarkan setiap hari ke tempat-tempat yang tersebut di atas. Relawan Lazismu kota Banjarbaru terhimpun dari seluruh Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) yang didalamnya terdapat Ortom (Organisasi Otonom Muhammadiyah) Banjarbaru.

Pembagian Iftar kepada Kampung Disabilitas Banjarbaru.
Sumber foto : dok. Suluh Media

Seluruh paket iftar dan sahur ini berasal dari penghimpunan dana yang dihimpun oleh Lazismu Banjarbaru selama bulan Ramadhan. Para penjaga kantin AUM yang terdampak ekonomi karena liburnya sekolah saat pandemi covid-19 menjadi produsen seluruh paket iftar dan sahur kali ini. Tujuannya ialah untuk membantu mengangkat kembali perekonomian mereka yang sempat turun.

Pembagian Iftar kepada WALHI (Wahana Lingkungan Hidup Kalimantan Selatan) saat Peringatan Hari Bumi.
Sumber foto : dok. Suluh Media

Menurut hasil wawancara bersama Manager Lazismu Banjarbaru, setidaknya ada 5 pengusaha katering dadakan yang terbantu oleh adanya kegiatan kali ini. Diantaranya ialah guru kantin SMP Muhammadiyah 1 Banjarbaru dan kantin SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru.

Dari kegiatan ini, Manager Lazismu Banjarbaru, Tito menyampaikan tujuan digelarnya kegiatan kali ini.

“Kegiatan berbagi Ifthar dan sahur ini bertujuan untuk membantu saudara2 kita yg sedang membutuhkan uluran tangan kita dan meringankan beban sehari-hari mereka karena harus menyiapkan buka puasa serta pada saat bekerja tengah malam dan tidak sempat bersahur,” ungkapnya.

Selain itu, Tito juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk dukungan kepada program Gerakan Zakat Bangkitkan Indonesia.

“Kegiatan ini digelar untuk menyemarakkan Gerakan Zakat Bangkitkan Indonesia dengan berbagai program berbagi,” tambahnya.

Selain daripada itu, kegiatan pembagian paket iftar dan sahur ini merupakan rangkaian kegiatan Ramadhan 1442 H yang dilaksanakan oleh Lazismu kota Banjarbaru. *(Zahra)