Kotabaru, Suluh Media – Sabtu, 24 April 2021 Safari Ramadhan 1442 H kali ini digelar oleh Pimpinan Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Selatan (PWPM Kalsel) yang terbagi dari 3 zona yang akan dikunjungi. Zona pertama yaitu “Zona Pesisir” yang terdiri atas Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Tanah Laut, PDPM Kabupaten Tanah Bumbu dan PDPM Kabupaten Kotabaru. Zona kedua yaitu zona “Banua Anam” yang terdiri atas PDPM Kabupaten Tapin, PDPM Kabupaten Hulu Sungai Selatan, PDPM Kabupaten Hulu Sungai Utara, PDPM Kabupaten Hulu Sungai Tengah, PDPM Kabupaten Tabalong dan PDPM Kabupaten Balangan. Sedangkan zona ketiga yaitu zona “Banjar Bakula” yang terdiri atas PDPM Kabupaten Barito Kuala, PDPM Kota Banjarmasin, PDPM Kota Banjarbaru dan PDPM Kabupaten Banjar.

Kegiatan Safari Ramadhan 1442 H pertama ini dilaksanakan di zona pesisir yang bertempat di Masjid Al-Istiqomah, Kotabaru, Sabtu-Ahad (24-25/4/2021).

Suasana Pembukaan Safari Ramadhan

Kegiatan ini dihadiri Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kotabaru, PDPM Kotabaru dan PWPM Kalsel.

“Alhamdulillah kotabaru dipercaya sebagai tuan rumah pada safari ramadhan kali ini yang pertama,” ujar Kanda Arif selaku ketua PDPM Kotabaru.


Kegiatan ini di support oleh beberapa donatur salah satunya ialah Bank Kalsel.
“Kegiatan ini tak luput suksesnya karena adanya kerja sama dan bantuan support yang pertama tentunya para donatur dari warga Muhammadiyah, kemudian dari Lazismu Kotabaru dan kita juga disupport oleh Bank Kalsel sehingga acara ini dapat berlangsung dengan sukses,”ujar dr. H. Meldy Muzada Elfa, Sp.Pd., FINASIM. selaku ketua PWPM Kalsel dalam sambutannya.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang diisi sambutan-sambutan sekaligus kajian menjelang berbuka puasa yang diisi Ustadz Mim Fadhli Rabbi, S.Sy., S. Pd. selaku wakil ketua bidang dakwah dan pengkajian Islam PWPM Kalimantan Selatan.

Suasana Pembukaan Safari Ramadhan


“Harapan kami kegiatan ini menambah tali silaturahmi kita ya, temu kangen tetapi tetap menerapkan protokol kesehatan,”ujar Meldy. Hal ini senada dengan sambutan oleh perwakilan PDM Kotabaru, “Mudah-mudahan sesuai yang disampaikan oleh ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kotabaru kegiatan ini membawa berkah bagi kita bersama di bulan berkah ini. Dan saya yakin Pemuda Muhammadiyah sebagai pelopor pelangsung dan penyempurna amanah disinilah tempat kita saling tukar pengalaman di kegiatan ini juga bisa melihat langsung bertatap muka.”

Setelah berbuka dan salat Maghrib, kegiatan ini dilanjutkan dengan salat isya dan tarawih yang di imami oleh Ustadz Alwi Fuadi seorang hafidz 30 juz, lulusan pondok Muhammadiyah Boarding School (MBS) Klaten yang dibeasiswai oleh Lazismu Banjarbaru. (Dony)