Kabupaten Hulu Sungai Selatan , SULUH MEDIA– Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) beserta rombongan menggelar kunjungan ke Desa Kamawakan, Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) pada Ahad (14/02).

Rombongan PW ‘Aisyiyah, Pw Nasyiatul’Aisyiyah dan LAZISMU HSS dalam Kunjungan ke Kampung Mualaf sumber foto : dok. Suluh Media

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka sosialisasi program Kampung Berkemajuan yang berlokasi di Desa Kamawakan dengan diikuti oleh Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Kalimantan Selatan, Pimpinan Wilayah Nasyiatul ‘Aisyiyah (PWNA) Kalimantan Selatan dan Pondok Pesantren Muhammadiyah Al Furqon Kota Banjarmasin didampingi oleh tuan rumah yaitu Pimpinan Daerah Muhammadiyah HSS, Pimpinan Daerah Aisyiyah HSS serta Lazismu Kabupaten HSS yang juga merupakan penanggung jawab program Kampung Berkemajuan di Kamawakan.

Sebelum ke lokasi kampung berkemajuan dilaksanakan terlebih dahulu pengarahan oleh Lazismu Kabupaten HSS di halaman Masjid Istiqomah, Kandangan guna persiapan menuju ke lokasi yang akan dituju karena akan memakan waktu yang cukup lama dan melewati medan yang cukup berat. Rombongan juga berkesempatan menyerahkan bantuan untuk TK ABA 6 Loksado berupa paket sembako yang diserahkan langsung oleh Ketua PWA Kalimantan Selatan Dr. Hj. Yulia Qamariyanti, M.Hum.

Abdullah Sani selaku Manajer Pengembangan Program, Fundraising dan Kerjasama Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan menjelaskan mengenai kegiatan tersebut, di antaranya dengan berusaha menggali informasi terkait warga muslim di desa tersebut.

“Alhamdulillah sesampainya di lokasi disambut baik oleh warga setempat. Kami mencoba bertanya-tanya mengenai kondisi warga muslim di Kamakawan, lebih khusus Dusun Bumbu Yanin yang menjadi lokasi Kampung Berkemajuan,” terangnya.

Ia juga menambahkan terkait ucapan terima kasih warga mengenai rencana pembangunan masjid oleh Muhammadiyah yang diinisiasi oleh Lazismu.

“Warga mengucapkan terima kasih kepada Muhammadiyah terkhusus Lazismu yang mengusahakan didirikannya masjid pertama di Kamawakan,” tambahnya. “Semoga dengan selesainya masjid nanti akan lebih intensif pembinaan mualaf. Terkait kunjungan ini salah seorang warga juga mengharapkan rutin dilaksanakan guna memberikan semangat dan motivasi kepada warga,” tutupnya.

Memantau Pembangunan Masjid di desa Kamakawan
sumber foto : dok. Suluh Media

Senada dengan itu dr. Didi Kurniadi, Ketua Lazismu HSS menerangkan pula mengenai program Kampung Berkemajuan.

“Program ini bisa dikatakan program bersama antara Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan dan Daerah yang telah dimulai beberapa waktu lalu dengan penanggung jawab di lapangan Lazismu HSS. Dipilihnya Desa Kamawakan sejak awal karena kami melihat potensi disini yakni dengan jumlah warga muslim 43 orang namun kesulitan dalam hal beribadah shalat karena tidak tersedianya masjid bahkan untuk pelaksanaan shalat Jum’at harus menempuh perjalanan yang cukup jauh ke Loksado,” terangnya.

Didi menjelaskan pula terkait proses program ini, mulai dari selesainya pembebasan lahan hingga dimulainya proses pembangunan masjid.

“Untuk saat ini alhamdulillah program terus berjalan khususnya pembangunan masjid yang mana lahan sudah selesai dibebaskan atas nama Muhammadiyah dan beberapa waktu lalu pula mulai pembangunan. Maka dari itu kami mengajak para warga yang memiliki kelebihan rezeki untuk ikut berkontribusi dengan memberikan infaq terbaiknya untuk mendukung program kami,” tegasnya.

Kampung Berkemajuan merupakan program Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan berupa pemberdayaan mualaf berbasis kampung (desa) yang berlokasi di beberapa desa di Pegunungan Meratus, salah satunya di Desa Kamawakan, Loksado. Pada kunjungan ini rombongan berkesempatan menyaksikan pembacaan syahadat salah seorang warga di Desa Kamawakan. *(MDN/Zahra)