Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Banjarbaru perluas bantuan kebencanaan dalam bentuk program Pendampingan Psikososial dan Pelayanan Kesehatan yang berkolaborasi dengan Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Kalimantan Bagian Tengah.

Juga pentasyarufan 200 paket sembako yang berkolaborasi dengan Relawan MIPA Universitas Lambung Mangkurat, Sabtu (6/2/2021).

Penyerahan Sembako ke Korban Terdampak Banjir
sumber foto : dok. Suluh Media

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh DR. Ir. Akhmad Hairin selaku Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Tanah Laut, MDMC Tala, dan Khusnul selaku Ketua KNPI Tanah Laut yang juga tergabung di relawan Muhammadiyah.

Adapun titik yang dituju oleh MDMC Banjarbaru kali ini yaitu di Kecamatan Bumi Makmur dan Kecamatan Kurau di Kabupaten Tanah Laut.
Pemberian Nomor Antrian Cek Kesehatan
Sumber foto : dok. Suluh
Media

Banjir yang tak kunjung reda. Kurang lebih 1.5 bulan menggenangi tempat tersebut membuat warga sekitar sana mengalami beberapa penyakit diantaranya pusing, flu untuk anak-anak, demam, dan batuk.

“Pada saat pemeriksaan kesehatan, sekitar 50 warga lebih mengalami kenaikan tekanan darah efek dari tidak bisa tidur saat malam karena masih was-was akan curah hujan yang tinggi,” ujar Anny Rasyada selaku Koordinator kegiatan pelayanan Kesehatan kali ini.
Cek Kesehatan oleh Relawan Muhammadiyah
sumber foto : dok. Suluh Media

Banjarbaru sendiri sudah tidak tergenang banjir. Para pengungsi di Banjarbaru yang berasal dari daerah lain pun sudah kembali ke asal masing-masing karena banjir sudah mulai surut dan mereka mulai membersihkan dan menyelamatkan harta benda.

Hal itulah yang menjadi salah satu alasan MDMC Banjarbaru melakukan perluasan bantuan kebencanaan ke daerah-daerah lain yang masih terdampak banjir.

“Banjir di Kota Banjarbaru sudah mulai surut dan para warga sudah mulai kembali ke rumah masing-masing untuk membereskan rumah dan ingin menyelamatkan harta benda mereka,” ucap Anny.

Daerah-daerah lain yang masih terdampak adanya bencana banjir ini pun menjadi sasaran untuk dibantu MDMC Banjarbaru dengan kolaborasi kepada pihak-pihak tertentu.

Pemberian obat-obatan untuk Korban yang Memerlukan
sumber foto : dok. Suluh Media

“Setelah lokasi ini, ada rencana ke kabupaten-kabupaten terdekat seperti Tanah Laut. Karena Tanah Laut masih banyak tempat yang digenangi banjir dengan debit air yang cukup tinggi. Selanjutnya ke Kabupaten Banjar dan kalau misalnya memungkinkan, kita akan bergerak ke Hulu sungai Tengah,” tambah Anny.

Anny pun berharap bencana banjir yang ada di Kalimantan Selatan ini cepat berlalu dan seluruh warga bisa beraktivitas seperti biasa, perekonomiannya bisa pulih dan kebugaran fisiknya menjadi sehat kembali.

Masrani selaku ketua RT setempat mengucapkan terima kasih kepada MDMC dan YBM PLN yang telah membantu masyarakat disini karena obat-obatan sangat diperlukan disini. *(Dony/Editor)