SULUHMEDIA.COM, BANJARBARU – Tingginya curah hujan pada Kamis, 14 Januari 2021 memperluas wilayah banjir yang terjadi di Banjarbaru. Menurut data dari BMKG cuaca ekstrem ini akan terus berlanjut hingga 3 hari ke depan, 18 Januari 2021 dan sangat berpotensi berdampak pada hidrometeorologi yaitu banjir.

Salah satu kecamatan yang terdampak banjir adalah Kecamatan Banjarbaru Selatan tepatnya di Kelurahan Loktabat Selatan. Ada 2 titik yang terdampak banjir kali ini, yang paling luas berada di 2 RT di Kampung Sultan dan yang kedua di belakang masjid LDII. Kurang lebih ada 300 jiwa yang terdampak.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) Banjarbaru salah satunya ialah menemui langsung lurah Loktabat Selatan untuk melakukan koordinasi, assesmen dan mencari informasi serta data tentang kampung yang terdampak tersebut.

Saat ditemui, lurah Loktabat Selatan, Feffy Ramadhiaty atau yang akrab dipanggil bu Feffy menyampaikan bahwa korban yang terdampak banjir memerlukan makanan juga pakaian layak pakai.

“Pada saat ini, yang paling diperlukan selain makanan ialah baju layak pakai,” kata Feffy saat dimintai keterangan oleh MDMC dan tim Suluh Media. (14/01/2021)

Koordinasi dengan ibu Feffy, lurah Loktabat Selatan di kantor kelurahan Loktabar Selatan. (14/01/2021). Sumber : doc Suluh Media

Koordinasi ini dilakukan oleh 3 orang relawan yang mana salah satunya ialah Ahmad Rezqy Fadillah yang akrab disapa Arif, ketua MDMC Banjarbaru bersama 2 relawan lainnya, Agus dan Dony.

Setelah melakukan koordinasi dengan lurah Loktabat Selatan, relawan MDMC Banjarbaru langsung menuju titik terdampak berikutnya yakni di Kemuning. Disana dilakukan pendistribusan baju layak pakai untuk wanita dan anak-anak.

Distribusi Pakaian Layak Pakai ke Kemuning. Dari kanan, Agus, Arif, dan warga terdampak.
Sumber foto: Doc Suluh Media

Berdasarkan informasi tambahan yang didapat oleh tim Suluh Media, sebagian kebutuhan warga seperti pakaian layak pakai, pakaian dalam, popok bayi, pembalut wanita, obat-obatan dan keperluan pokok lainnya masih belum bisa terpenuhi dengan baik dikarenakan bertambahnya titik banjir yang tidak dapat diduga dan diprediksi.

Jika ingin berkontribusi bisa langsung mengirimkan beberapa kebutuhan diatas ke alamat Masjid As-Salam Banjarbaru, Jalan Golf, Kelurahan Syamsuddin Noor, Kecamatan Landasan Ulin Utara RT. 12, RW. 003 atau melalui donasi uang ke Lazismu Banjarbaru di rekening BNI atas nama Lazismu Banjarbaru dengan nomor rekening 444 424345. (*Zahra)