SULUHMEDIA.COM – BANJARBARU, Hujan deras dikota Banjarbaru yang berlangsung selama kurang lebih 4 hari ke belakang akhirnya memunculkan banyak titik banjir di kota Banjarbaru. Dimulai dari kelurahan Landasan Ulin, Liang Anggang, Cempaka dan Loktabat Selatan. Tergerak oleh panggilan kemanusiaan, Muhammadiyah Disaster Managemen Center (MDMC) kota Banjarbaru mengerahkan seluruh relawan untuk membentuk posko dan dapur umum. (13/01/2021).

Dapur umum dan posko ini berada di Masjid As-Salam, Landasan Ulin, Banjarbaru. Terhitung dari awal didirikan pada Rabu, 13 Januari 2021, dapur umum telah mendistribusikan lebih dari 1000 bungkus nasi untuk konsumsi warga yang terdampak. Adapun pentasyaarufannya difokuskan ke kecamatan Landasan Ulin Timur, Landasan Ulin Barat, Liang Anggang, dan Kemuning.

MDMC mengerahkan seluruh relawan juga berkolaborasi dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) dan Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Landasan Ulin untuk bersama-sama bekerja di dapur umum. Selain daripada itu, seluruh guru dan karyawan AUM juga dihimbau dan diinstruksikan untuk menjadi relawan tambahan pada bencana banjir kali ini. Santri MBS (Muhammadiyah Boarding School) Banjarbaru juga turut andil dalam kerelawanan kali ini.

Berdasarkan data terakhir yang diterima oleh tim Suluh Media, relawan Muhammadiyah yang membantu diperkirakan kurang lebih 50 orang.

Dalam 1 harinya, MDMC Banjarbaru mendistribusikan 1500 nasi bungkus yang dibagi menjadi 3 kali waktu makan. 500 bungkus untuk makan pagi, 500 bungkus untuk makan siang, dan 500 bungkus untuk makan malam.

Pendistribusian Konsumsi (dari kiri, Tito manager Lazismu, tengah Ketua RT setempat, kanan, Arif Ketua MDMC Banjarbaru)

Melihat kondisi cuaca terakhir di Banjarbaru, hingga Kamis siang masih terjadi hujan deras sehingga menyebabkan bertambahnya titik banjir. Sehingga menyebabkan juga semakin banyaknya korban yang terdampak.

Saat ini, seluruh dana kegiatan MDMC Banjarbaru difasilitasi oleh Lazismu Banjarbaru, PDM (Pimpinan Daerah Muhammadiyah) Banjarbaru, juga PDA (Pimpinan Daerah Aisyiyah) Banjarbaru. Akan tetapi, dana yang terhimpun masih belum mencukupi untuk kebutuhan konsumsi beberapa hari mendatang. Berdasarkan informasi dari MDMC Banjarbaru, tim masih memerlukan bantuan seperti, baju layak pakai, bahan makanan, kebutuhan pokok, dan lain-lain.

Jika ingin berkontribusi bisa langsung mengirimkan beberapa kebutuhan di atas ke Masjid As-Salam Banjarbaru, Jalan Golf, Kelurahan Syamsuddin Noor, Kecamatan Landasan Ulin Utara RT. 12 RW. 003. Juga bisa melalui donasi uang ke Lazismu Banjarbaru di rekening BNI atas nama Lazismu Banjarbaru dengan nomor rekening 444 424345. (*Zahra)