Ust Mas’udi HS
Masjid Hj Nuriyah Banjarbaru
28 Safar 1442 H/ 17 Oktober 2020

‌+ Imam Ibnu Qayyim mengatakan ada 4 macam yang perlu kita waspadai dalam hidup ini. Yang Islam itu akan sirna/ lenyap dari 4 golongan manusia ini, ialah :

  1. Golongan yang banyak ilmunya namun tidak mengamalkan ilmunya.
    Kadang-kadang ia bisa mengeluarkan fatwa, yang tidak bisa dipercaya, tidak konsisten dengan ilmunya, yang perbuatan ini akan mengecoh ummat dan menimbulkan kehancuran.
    Ada golongan yang ketika dimasukkan kedalam neraka dilempar dengan keras hingga berhambur isi perutnya, kemudian ia dipaksa untuk mengelilingi neraka, siapa mereka itu? Mereka yang berkata tapi tidak mengamalkannya.
    Maka ketika kita menuntut ilmu maka jangan berhenti niatnya untuk menambah ilmu, namun niatkan dan berusaha untuk mengamalkannya.
  2. Golongan yang senang beramal tapi tidak dengan dasar ilmu, hanya berdasar taklid.
    Ilmu itu lebih mulia daripada amal. Karena ilmu mendekatkan kita pada kebenaran. Satu amalan yang sudah Rasulullah tentukan waktunya, pelaksanaan nya, maka haram bagi kita untuk mengubahnya, bahkan oleh perkataan siapapun. Pendapat siapapun tidak bisa menjatuhkan Al Qur’an dan As Sunnah.
  3. Golongan yang tidak mau beribadah dan tidak mau menuntut ilmu.
    Mereka itu seperti hewan ternak bahkan lebih sesat dari itu.
  4. Golongan yang menghalang-halangi manusia untuk menuntut ilmu.
    Siapa golongan ini? Manusia. Tapi ia menjalankan perintah-perintah dari syaithan. Tidak sedikitkan orang-orang yang mengatasnamakan Islam, namun yang ia bawa bukan Islam.

‌+ Umar bin Khattab berkata kepada Zaid : Apakah kamu tau apa yang meruntuhkan Islam itu? Yang akan meruntuhkan nya adalah tergelincirnya seorang ulama, yang seharusnya ulama fokus pada kedudukannya, fitrahnya membimbing ummat, namun ia keluar dari itu. Berdebat dengan munafik yang menggunakan dasar Al Qur’an ini juga berbahaya untuk Islam. Mereka bertujuan untuk melemahkan Islam. Yang ketiga yang bisa meruntuhkan Islam itu, duduknya seorang pemimpin yang menyesatkan.

  • Yang membuat tergelincir manusia itu umumnya ada 3, Tahta, Harta, Wanita. Boleh saja ulama mendapatkan ketiga hal itu, namun apabila ia mengorbankan fitrahnya, Islamnya, maka itu yang tidak boleh.
  • Kadang tidak perlu untuk berdebat, dakwahkan dengan Islam yang lembut.
  • Ibnu Qayyim berkata sumber kemaksiatan ada 3 macam, Pertama kesombongan , ini sumber kemaksiatan terbesar. Kedua ambisi yang terlalu tinggi, kalau kita tidak berambisi dalam hidup, kita akan tidak punya tujuan, namun apabila tidak terkontrol, bertentangan dengan syariat Islam, ini akan menjadi sumber kemaksiatan. Ketiga iri dengki, karena ini akan berujung pada perbuatan yang tidak benar. Ingatlah pembunuhan pertama karena adanya hasad.
  • Ada jalan kita untuk bertaubat setelah melakukan dosa besar, ialah berusaha mendekatkan diri betul-betul berupaya sedekat mungkin dengan Allah. Namun ada lagi yang lebih utama, Ia taat dengan Ibunya, seorang yang melahirkannya, yang ini merupakan ibadah tertinggi yang bisa menggurkan dosa-dosanya. (Ibnu Abbas)
  • 3 hal yang merupakan motivasi hidup Umar Bin Khattab : Manakala kedua kakiku mau berjalan untuk berjihad dijalan Allah. Manakala aku mau menyentuhkan dahiku untuk beribadah. Manakala hati ku tertarik untuk menghadiri sebuah majelis, yang berisi pengajaran tentang hadits-hadits Nabi, ilmu-ilmu agama.

Semoga Bermanfaat, mohon maaf jika banyak salah dalam menulis.

(PD Pemuda Muhammadiyah Banjarbaru/Reyhan)

Live Streaming Youtube Suluh Media https://youtu.be/oRcY-tHi3gs

Live Streaming Facebook
Ngaji Keliling Banjarbaru
https://www.facebook.com/ngaji.banjarbaru