Hari makin hari, kasus positif covid-19 di Kalimantan Selatan kian meningkat. Tak ketinggalan hal tersebut juga dirasakan di kota Banjarbaru.

Melihat realitas tersebut, dalam usaha untuk menekan penyebaran virus covid-19 di kota Banjarbaru. Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Banjarbaru bekerjasama dengan alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) Kalimantan Selatan, Pemko Banjarbaru serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarbaru bagikan ribuan masker dan handsanitizer.

Pada pelaksanaan yang pertama ini, disasarkan ke 2 titik di kota Banjarbaru. Yakni di SMA Muhammadiyah Boarding School (MBS) Banjarbaru dan Pasar Bauntung Banjarbaru, Minggu (28/3/2020).

Ketua Himpunan Alumni IPB Kalimantan Selatan, Totok Dewanto menyebutkan, pada kegiatan ini dibagikan 1500 paket masker dan handsanitizer.

“Pada kegiatan yang pertama ini, kita akan bagikan 1500 masker dan handsanitizer,” ujarnya.

Adapun masker dan handsanitizer ini didapatkan dari hasil donasi para alumni IPB yang dikumpulkan melalui organisasi Alumni IPB Kalimantan Selatan.

Selain membagikan masker dan handsanitizer, kegiatan ini juga disisipi dengan sosialisasi mengenai Peraturan Walikota (perwali) Banjarbaru nomor 27 tahun 2020 tentang Pedoman Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corova Virus Disease 2019.

Dilain sisi, Hidayaturrahman selaku Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata yang mewakili pemko Banjarbaru menyambut baik dan mendukung penuh atas terlaksananya kegiatan ini.

“Dengan kondisi kota Banjarbaru saat ini, kami menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan pada kali ini. Harapannya semoga masyarakat lebih sadar akan bahaya dan dampak yang dibawa oleh covid-19 ini bukanlah sesuatu yang dibuat-buat,” ungkapnya.

Ahmad Rezqy Fadhilah, ketua MCCC Banjarbaru juga menambahkan bahwa MCCC selalu terbuka kepada siapa saja yang ingin berkolaborasi dalam rangka edukasi untuk menekan penyebaran covid-19.

“Kami sangat terbuka kepada semua pihak yang mau bekerjasama dengan kami. Karena hal-hal dan kegiatan yang seperti ini sejalan dengan tujuan kami sebagai gugus tugas covid-19 milik Muhammadiyah di kota Banjarbaru. Mengingat juga, masih banyak sekali masyarakat yang abai akan pentingnya menjalankan protokol kesehatan,” tambahnya.

Selain membagikan masker dan handsanitizer, relawan MCCC Banjarbaru juga membagikan brosur dan pamflet serta menggunakan pengeras suara untuk edukasi kepada masyarakat dikawasan pasar Bauntung Banjarbaru.

Kegiatan ini juga turut dibantu oleh TNI dan Polri untuk memperlancar jalannya kegiatan. *Zahra