Hari Raya Idul Adha adalah salah satu momen yang seringkali dijadikan ajang untuk berlomba-lomba dalam kebaikan terutama dengan cara membagikan daging kurban.

Lazismu Banjarbaru turut andil dalam pembagian daging kurban yang tahun ini diadakan untuk menjaga ketahanan pangan di masa pandemi. Daging kurban yang dibagikan berjumlah 500 paket, terdiri dari 400 paket daging sapi dan 100 paket daging kambing.

Kegiatan ini diadakan tepat pada hari pertama Idul Adha (31/07/2020). Kurban untuk ketahanan pangan ini dilaksanakan ditiga titik, yakni di Kelurahan Sungai Tiung (kec. Cempaka, kota Banjarbaru), Kecamatan Landasan Ulin (kota Banjarbaru) dan Desa Pingaran Ulu Astambul (kab. Banjar).

Tito Dwi Wirawan, selaku manajer Lazismu menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk mendistribusikan daging kurban ke daerah 3T yang tidak mendapat jatah daging.

“Maksud dan tujuannya untuk mendistribusikan daging qurban ke daerah 3T yg tidak mendapat jatah daging qurban agar warga penerima manfaat juga merasakan sukacita idul adha dengan adanya daging yg kami tebar ke pelosok daerah,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, sasaran khusus dari kegiatan ini adalah warga yang rentan ekonomi.

“Sasaran khusus dari kegiatan ini adalah warga-warga daerah yang terindikasi rentan ekonomi,” tambahnya.

Pada kegiatan ini, Lazismu Banjarbaru bekerjasama dengan Lazismu Banjar dalam hal pendistribusian dan pengumpulan data.

Pembagian daging kurban dilaksanakan dengan teknis jemput bola (diantar langsung ke rumah warga) dan tidak menggunakan kupon untuk menghindari adanya kerumunan orang.

Kegiatan dilaksanakan setelah penyembelihan hewan kurban dengan mengerahkan kurang lebih 15 relawan dari Lazismu Banjarbaru dan Lazismu Banjar. *(Zahra)